Manfaat Utama Buah Manggis

Tanaman buah manggis merupakan jenis buah tropika yang asli dari semenanjung malaya dan menyebar luas hingga ke  nusantara. Manggis ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi sekitar 7 sampai 25 meter,yang mana jenis buah ini dominan  berwarna merah sedikit keunguan ketika matang, namun meskipun begitu ada pula varian dari dasar kulit manggis berwarna merah. 

Buah manggis ini dalam dunia perdagangan dikenal sebagai sebutan “ratu buah”, yang mana sebutan tersebut dikatakan sebagai pasangan buah durian, si “raja buah”. 

Manfaat Utama Buah Manggis

Buah  manggis ini ternyata mengandung sejumlah aktivitas yang sangat beragam untuk kesehatan di dalam tubuh yaitu reaksi antiinflamasi dan juga antioksidan,dengan begitu maka buah manggis ini sangat terkenal di luar negeri.

Buah manggis ini juga dikenal sebagai buah yang mempunyai kadar antioksidan yang sangat tinggi di belahan dunia.

Buah Manggis ini merupakan jenis tanaman buah berpohon yang mana,jenis tersebut berasal dari hutan tropis yang teduh di kawasan Asia Tenggara,yaitu tumbuh liar di sekitar  hutan belantara di wilayah dekat Malaysia ataupun Indonesia. Dari benua Asia Tenggara, tanaman manggis ini dengan menyebar ke daerah Amerika Tengah.

Baca Juga: Khasiat Alami Tanaman Cengkeh

Lalu dengan demikian buah manggis ini di kenal di berbagai negara berkawasan tropis lainnya seperti negara Srilanka, Malagasi, Karibia, Hawaii dan juga di Australia Utara. Di negara Indonesia sendiri buah manggis ini setidaknya disebut dengan berbagai macam nama di tiap masing-masing daerah seperti manggu (Jawa Barat), Manggus (Lampung), Manggusto (Sulawesi Utara), Manggista (Sumatera Barat).

Manggis ini juga terkenal akan Kuli luarnya juga,yang mana kulit buah manggis ini memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). haltersebut sudah pernah di buktikan di beberapa penelitian yang sempat dilakukan dengan cara adala memakai kandungan yang ada pada kulit manggis yang disebut dengan mangostin,dari situ ditemukan bahwa mangosti ni ini mempunyaii ekstrak etanol sebanyak 40% dengan demikian maka terjadinya sebuah  aktifitas penghambatan terhadap pelepasan kandungan nistamin dan sintesis prostagladin E2 sebagai perantara inflamasi.

Manfaat Manggis untuk kesehatan

1. Sumber Antioksidan

 Buah Manggis merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan nya dan juga cukup banyak mengandung vitamin. Kandungan Antioksidan ini merupakan sebuah kandungan yang secara khusus  dapat ditemukan di dalam daging buah manggis yang mana hal tersebut memberikan sebuah keunggulan tersendiri, tak hanya itu juga,buah manggis ini juga mempunyai senyawa polifenol yang sangat alami yang kita kenal sebagai Xanthones. 

manggis memiliki dua kelas xanthones-alpha manggis dan gamma manggis.  Buah manggis dikatakan mengandung setidaknya 20 xanthones yang dikenal sebagian besar ditemukan di dinding buah atau pericarp buah.  Xanthones bekerja untuk mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. dengan merusak radikal bebas, antioksidan ini melindungi tubuh dari berbagai penyakit, mulai dari pilek dan flu biasa, risiko kanker. dan gangguan jantung.  2. 

2. Meningkatkan Kekebalan

 Kandungan semacam Xanthones yang ditambah dengan vitamin C merupakan kandungan yang sangat lengkap yang ditemukan di sekitar dalam pada daging buah. Di dalam buah juga terdapat adanya sebuah nutrisi yang dapat bekerja secara ajaib,yang mana hal itu terjadi karena sistem kekebalan yang ada pada tubuh manusia dapat ditingkatkan  Tak,hanya itu juga,ternyata kandungan semacam Xanthones juga bisa untuk melakukan pemulihan yang terbaik dalam memerangi efek dari serangan radikal bebas, kandungan lain seperti vitamin C jugsa sangat berguna untuk meningkatkan kadar produksi dan juga beberapa fungsi leukosit atau sel darah putih, yang terutama bertanggung jawab atas imunitas yang baik. Semakin banyak hitungan, semakin Anda terlindungi dari infeksi.

3. Membangun saraf janin

Kandungan karoten yang ada di buah Manggis ini sangat tinggi dengan begitu nmaka zat semacam ini penting untuk perkembangan janin.

Dengan rutin mengkonsumsi buah Manggis pada saat sedang hamil pun bisa bermanfaat untuk membangun saraf janin, otak, dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan janin.

4. Mencegah penyakit jantung

Buah Manggis juga bisa mencegah anda dari serangan penyakit jantung. Pasalnya, di dalam buah Manggis ini banyak manfaat,salah satunya daoat menurunkan kolesterol jahat atau kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein). secara maksimal. Dengan rutin mengkonsumsi buah Manggis,maka kadar kolesterol jahat ini akan secara berangsur menurun di dalam darah Anda.

5. Mencegah penyakit asma

Manfaat buah Manggis juga bisa mencegah adanya penyakit pernapasan, yaitu asma atau juga bisa sesak nafas. Beberapa kandungan kimia yang ada di dalam buah Manggis memiliki manfaat yang bisa melegakan pernapasan.

6. Mengatasi penyakit diabetes

Apakah Anda penderita diabetes? Jika iya,maka anda harus rutin untuk mengkonsumsi buah Manggis minimal 1 minggu 3 kali,karena buah Manggis ini eefktif untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi,  Hal ini dikarenakan manfaat Manggis bisa menurunkan kadar gula dalam darah anda.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Karena mengandung antioksidan yang dsiebut dengan polifenol dan juga kandungan vitamin C yang cukup banyak, maka sudah pasti bahwa buah Manggis ini sangat bermanfaat untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap dalam kondisi sehat dan bugar. Dengan begitu,maka daya tahan tubuh akan tercipat sangat kuat dan tidak mudah sakit, dengan begitu maka tubuh akan jauh lebih kuat dalam melawan infeksi, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

8. Mengurangi risiko kanker

Ketika terjadi akibat adanya serangan yang disebabkan oleh timbulnya radikal bebas yang kian menumpuk, maka tubuh sudah pasti akan lebih mudah dalam mengalami kerusakan sel dan juga terjadi berbagai macam gangguan peradangan. Lama-kelamaan hal ini bisa meningkatkan resiko munculnya berbagai macam jenis penyakit, dan salah satunya adalah penyakit kanker. Maka,untuk mengurangi dan tentunya untuk mengantisipasi serangan dari radikal bebas, maka tubuh tentunya akan membutuhkan asupan antioksidan yang sangat cukup.

Salah satu cara yang mendapatkan antioksidan secara lebih adalah dengan rutin untuk mengkonsumsi makanan yang sangat kaya akan senyawa antioksidan, termasuk buah Manggis.

9. Mencegah penyakit kardiovaskular

Tekanan darah tinggi yang datang bertubi-tubi dan cenderung tidak terkendali dapat meningkatkan resiko besar akan datangnya penyakit kardiovaskular (yakni penyakit jantung dan juga menyerang pembuluh darah), seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Manfaat Manggis ini sangat efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular adalah dengan mencegah penyakit tekanan hipertensi. Efek ini diduga sangat berkat kandungan kalium, magnesium, antioksidan, serta serat di dalam buah Manggis.

10. Menjaga gula darah agar tetap stabil

Buah Manggis  ini ternyata juga banyak memiliki nilai indeks glikemik yang cukup sedang. Artinya, manfaat Manggis ini setidaknya bisa untuk mencegah da;am urusan meningkatkan gula di dalam darah.

Beberapa studi juga sempat menunjukkan bahwa di dalam ekstrak daun buah Manggis ini juga sangat efektif untuk menjaga kestabilan dan juga menjaga agar kadar gula di dalam darah menurun dengan drastic dan juga sangat efektif memnasmi sumber utama diabetes,dengan dosis penggunaan insulin yang tentunya harus seimbang.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>