Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Orang Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah salak. Ya, buah, yang kulit luarnya seperti skala ular, memang sangat populer karena memiliki rasa yang unik yaitu sepat kecil yang manis.

Tahukah Anda, bagaimanapun, bahwa buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan di balik rasanya yang unik? Lihat berbagai manfaat buah ini di ulasan berikut.

Karakteristik Buah Salak

Bentuk buah ini seperti telur dengan bagian bawah yang bulat dan ujung yang runcing. Buah ini juga memiliki kulit bersisik seperti ular dengan warna merah-coklat atau hitam-cokelat. Mengingat bahwa kulit buah ini seperti sisik ular, buah ini kadang-kadang disebut sebagai “buah ular” (snake fruit).

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Daging salak berwarna putih kekuningan, memiliki tekstur renyah dan agak manis, rasanya manis. Ada biji cokelat keras di bubur yang tidak bisa dimakan. Sementara permukaan buah ditutupi duri yang cukup tajam. Jika Anda tidak hati-hati, Anda dapat melukai tangan Anda saat membukanya.

Buah, yang menyandang nama Latin Salacca atau zolocco, tampaknya ditugaskan ke batang pohon palem, juga dikenal sebagai Arecaceae. Tidak heran jika buah ini berjalan seperti daun kelapa. Perbedaannya adalah bahwa daun buah ini berbentuk pedang dengan daun sempit dan batang berduri.

Asal usul tanaman ini sebenarnya tidak diketahui dengan pasti. Namun, banyak ahli yang sudah menduga bahwa buah salak aslinya berasal dari wilayah Asia Tenggara. Selain dari Indonesia, buah ini juga banyak ditanam di Thailand, Malaysia dan Filipina.

Jenis salak

Buah ini memiliki varietas yang berbeda di setiap daerah. Tidak hanya tipenya, tetapi juga ukuran dan rasanya berbeda. Salak Pondoh adalah salah satu varietas Salak paling populer di Indonesia.

Cokelat Sleman memang terkenal dengan kualitasnya yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Salak jenis ini memiliki daging yang belang dan manis. Tekstur dagingnya juga renyah dan memiliki aroma yang enak.

Variasi lain yang selezat salak pondoh adalah salak madu. Seperti halnya Sleman, bubur salak lunak dan tebal. Tekstur dagingnya renyah dan lembut saat dicincang. Rasanya manis seperti madu. Secara khusus, buah ini dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengetahui musim.

Selain itu, gula salak dari Bali adalah salah satu varietas salak yang memiliki banyak penggemar. Saat matang, buah ini memiliki rasa manis dan ampas yang tidak terlalu kental. Ukuran buahnya cenderung lebih kecil dari varian lainnya. Biasanya ada 2-3 anak anjing dalam bentuk daging di dalam buah.

Kandungan zat dan nutrisi dalam buah salak

Berbagai buah salak manfaat

Berikut adalah manfaat dari buah ular, yang memalukan:

1. Menghaluskan pencernaan

Banyak orang percaya bahwa buah ini dapat menyebabkan konstipasi, juga dikenal sebagai BAB yang sulit. Padahal, anggapan ini hanyalah mitos yang tidak bisa dibuktikan.

Sebaliknya, memakan buah ini justru dapat membantu memperlancar dan menyehatkan sistem pencernaan Anda. Jadi jangan takut memakan buah yang satu ini. Seorang ahli gizi dan juga mantan atlet panjat Tebing Oliver Jansen Ongko, M.Sc., RD. Juga mengatakan ini. Bahkan, Jansen merekomendasikan makan buah ini dengan kulitnya.

Karena baik daging dan epidermis buah-buahan ini bersama-sama mengandung nutrisi padat yang terdiri dari serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta-karoten. Semua nutrisi ini baik untuk sistem pencernaan Anda.

Misalnya, serat dalam buah ini dapat membantu mempercepat proses pembuangan limbah, racun, dan bahan-bahan lain yang tidak dibutuhkan tubuh Anda. Hasilnya, buah ini dapat membantu Anda menghindari sembelit. Selain itu, kandungan tanin dalam buah ini juga memiliki efek antimikroba alami di usus, sehingga dapat digunakan sebagai obat diare alami. Tanin juga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan lainnya.

2. Memperkuat kekebalan tubuh

Buah bergizi dan bersisik ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan senyawa polifenol dan flavonoid, yang berlimpah dalam buah ini, dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *