Kandungan Dan Manfaat Buah Sukun

Tanaman sukun merupakan sejenis tanaman buah,yang cukup populer di tanah Jawa. Buah sukun ini kerap mendapat julukan sebagai ‘breadfruit’ dan juga sering sekali diolah menjadi camilan dalam bentuk gorengan. Namun tahukah Anda selain memiliki manfaat sebagai camilan, buah sukun ini juga memiliki banyak manfaat yang mana sangat berkaitan erat dengan kesehatan di dalam tubuh?

Kandungan Nutrisi di dalam Buah Sukun

Sama seperti buah pada umumnya, jenis buah sukun ini merupakan buah yang kaya akan manfaat,buah yang memiliki nama ilmiah Artocarpus altilisini dengan julukan demikian maka hal ini mengerucut pada ragam manfaat dan juga banyak nya kandungan serta beberapa sejumlah nutrisi dan juga vitamin yang terkandung banyak di dalamnya.

Kandungan Dan Manfaat Buah Sukun

Dilansir dari berbagai sumber, satu buah sukun terdiri dari sejumlah nutrisi dan vitamin yang sangat beragam, semisal saja adanya serat, karbohidrat kompleks, protein, mineral (fosfor, kalsium, magnesium, zat besi) dan tak ketinggalan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Tak hanya sekedar mengenyangkan perut saja,namun buah sukun ini juga sangat kaya akan kandungan nutrisi yang begitu bermanfaat bagi manusia. Satu cangkir buah sukun dengan berat mencapai 220 gram mengandung energi sebesar 227 kalori atau setara dengan 13% kebutuhan energi yang dibutuhkan manusia dalam sehari.

Jenis buah sukun atau yang mempunyai nama Latin Artocarpus altilis ini juga mengandung sedikit lemak sebanyak 0,5 gram yang mana dengan persentase tersebut sangat setara dengan 1% kebutuhan lemak dalam sehari.

Kebanyakan orang-orang di wilayah Eropa sangat banyak menyebut buah sukun sebagai buah roti (breadfruit), hal ini dikarenakan ketika dipanggang maka buah sukun ini akan mempunyai tekstur yang lembut dan juga menjadi lebih empuk seperti halnya roti.

Di negara-negara Pasifik Selatan jenis buah sukun ini banyak dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Di negara Indonesia sendiri buah ini juga dimanfaatkan sebagai makanan fungsional atau sekadar camilan di kala santai.

Kandungan terbanyak lainnya yang ada di dalam buah Sukun adalah karbohidrat kompleks, serat, serta berbagai protein yang berkualitas tinggi lainnya. Selain itu, anda juga dapat memperoleh berbagai macam asupan sebagai sumber vitamin dan juga mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, dan vitamin B dari mengkonsumsinya.

Berikut ada paparan mengenai manfaat – manfaat yang kita peroleh apabila mengkonsumsi buah Sukun :

  1. Sebagai sumber antioksidan bagi tubuh, dalam buah Sukun mengandung beta karoten dan vitamin C yang dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kanker.
  2. Memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.
  3. Memiliki kandungan kalium yang sangat melimpah.
  4. Membantu memperlancar proses pencernaan.
  5. Mencegah penyakit alzheimer (hilang ingatan), dalam buah Sukun terdapat senyawa glutamin yang dapat meningkatkan aktivitas memori di otak.

Cara budidaya pohon Sukun

·    Syarat tumbuh tanaman Sukun

Pohon Sukun tumbuh baik di daerah yang memiliki ketinggian mencapai 300 – 500 mdpl. Pohon Sukun sangat menyukai tanah yang memiliki kadar asam pH mencapai 5 – 6 . Alangkah baiknya pohon Sukun ditanam di daerah yang memiliki aliran drainase yang cukup dan baik. Pohon Sukun ini juga memerlukan masa kering selama 3 – 4 bulanan, jadi pemilihan daerah lahan sangat diperlukan.

·         Tahap persiapan bibit tanaman Sukun.

Pilih bibit Sukun yang berkualitas tinggi dan baik, dan juga tentunya sesuai dengan selera Sukun daerah setempat agar mudah laku di pasaran. Bibit Sukun saat ini mudah untuk didapatkan karena terdapat di toko bibit tanaman. Namun tetap diperlukan sikap hati – hati dalam memilih penjual bibit , karena bibit Sukun penipuan (tidak sesuai jenis yang diinginkan) sudah banyak beredar di masyarakat. Bibit Sukun yang tersedia saat ini ada 2 jenis yakni bibit generatif (biji) dan bibit vegetatif (cangkok dan okulasi). Namun apabila menginginkan pohon Sukun yang cepat berbuah dan memiliki sifat sesuai induknya sebaiknya pilih bibit yang vegetatif , karena jika menggunakan bibit generatif , menghasilkan bakal pohon yang lama berbuah ( 7 tahun baru berbuah )  dan sifat bakal pohon kadang tidak sesuai dengan induknya.

·         Tahap persiapan lahan budidaya pohon Sukun

Lahan yang akan digunakan untuk perkebunan Sukun sebaiknya dibersihkan dahulu dari semak – semak dan gulma. Kemudian jika lahan sudah bersih selanjutnya adalah melakukan pengukuran jarak tanam. Jarak yang ideal untuk per pohon Sukun adalah 10 cm x 10 cm atau 12 cm x 12 cm.

Selanjutnya adalah membuat lubang tanam, apabila lahan memiliki tanah yang bertekstur keras buat lubang tanam ukuran 1 x 1 x 1 m. Apabila lahan itu memiliki tanah yang bertekstur lebih lembut buat lubang tanam ukuran 60 x 60 x 60 cm. Lubang tanam yang sudah dibuat kemudian dibiarkan selama kurang lebih 1 bulan untuk menetralkan asam pH yang terkandung dalam tanah. Pembuatan lubang tanam yang pas adalah pada waktu sebelum musim hujan tiba.

·         Tahap penanaman bibit Sukun

Bibit yang sudah disiapkan sebelumnya ini kemudian dimasukkan ke dalam lubang tanam. Sebaiknya bibit Sukun ini diletakkan tepat di tengah lubang tanam dan bibit sukun ini hanya dimasukkan ke lubang tanam sampai bagian leher akar saja jangan semua bagiannya. Lakukan kegiatan penanaman bibit Sukun pada pagi atau sore hari agar bibit baru tidak langsung terkena paparan sengatan sinar matahari. Setelah melakukan penanaman, bibit Sukun ini sebaiknya disiram air secukupnya. Waktu yang baik untuk melakukan penanaman bibit Sukun adalah pada saat musim hujan.

·         Tahap perawatan bibit pohon Sukun

Perawatan bibit Sukun ini dilakukan kegiatan antara lain penyulaman, penyiraman , dan penyiangan. Lakukan pemantauan kebun bibit Sukun secara rutin, segera sulam bibit yang sekiranya sudah mati, tumbuh tidak normal, dan terserang penyakit dan hama. Awal – awal bibit Sukun ini memerlukan cukup banyak air supaya pertumbuhannya semakin optimal. Kemudian soal kegiatan penyiangan, lakukan penyiangan bibit Sukun ini secara rutin juga agar gulma – gulma tidak mencuri nutrisi yang seharusnya milik bibit Sukun.

Berikut adalah manfaat tanaman Sukun untuk kesehatan

1. Anti oksidan

Khasiat tanaman sukun ini cocok sebagai anti oksidan sangat bermanfaat sekali untuk melindungi tubuh Anda dari serangan radikal bebas. Apa saja akibat dari terkena radikal bebas yang berlebihan? Sel tubuh Anda bisa saja rusak dan akan memicu tumbuhnya sel kanker yang akan menjangkit keseluruh bagian tubuh.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat tanaman Sukun adalah sangat cocok untuk melancarakan pencernaan dan juga sangat bagus buah ini banyak mengandung  serat yang cukup banyak yang nantinya bisa membantu untuk memproses makanan yang Anda konsumsi sehingga bisa dibuang keluar dari tubuh dengan lebih lancar. Selain itu, organ pencernaan Anda juga akan menjadi lebih sehat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>