Bibit Unggul Pisang Tanduk

Jenis buah Pisang yang satu ini memang sedikit berbeda dengan pisang pada umumnya,yang mana jenis pisang tanduk ini merupakan salah satu varian unggul dari buah pisang dan tentunya jenis pisang tanduk ini mempunyai nama yang cukup populer,terutama di wilayah Indonesia.

Pisang jenis tanduk merupakan satu dari sekian banyak jenis pisang yang hingga sekarang ini masih sangat masif dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pisang goreng,keripik Pisang,serta jajanan lainnya yang ada kaitan dengan buah pisang. Pisang tanduk merupakan varian pisang yuang sangat dominan ditemukan di wilayah Jawa Tengah,dan lebih tepatnya di wilayah Kabupaten Kudus. Jenis pisang tanduk bisa disebut juga sebagai pisang byar atau pisang broklek dalam bahasa khas wonosobo.

Bibit Unggul Pisang Tanduk

Pohon pisang tanduk merupakan jenis pisang yang dapat tumbuh subur hingga mencapai ketinggian sekitar 3,5 m – 4 m. Pohon pisang tanduk ini merupakan jenis pisang yang sangat dominan sekali memiliki warna batang pohon yang cukup dominan hijau namun agak sedikit berwarna kemerahan.

Baca Juga: Morfologi Buah Manggis

Pada bagian daun yang dimiliki oleh pohon pisang tanduk ini dominan sekali berwarna hijau tua atau hijau gelap. Pohon pisang tanduk ini dapat menghasilkan tandan pisang dengan panjang mencapai hampir 60 cm dan bahkan ada juga yang mencapai panjang hingga 120 cm dan memiliki berat rata – rata 15 – 30 kg.

Dalam satu tandan ini setidaknya terdapat 8 hingga 15 buah sisiran pisang dan pada tiap sisiran ini berisi hingga 13 – 27 buah pisang.

Untuk bagian pada daging buah,pisang tanduk ini sangat dominan mempunyai daging yang berwarna putih,namun ada juga sebagaian besar yang dominan dengan daging buah berwarna sedikit kekuningan. Buah pisang tanduk ini mempunyai rasa yang sangat manis,namun juga terkadang agak sedikit rasa masam , dan tentunya pisang tanduk ini adalah salah satu jenis pisang yang memiliki tekstur yang cukup lembut selain dan hampir mirip dengan jenis pisang susu.

Pisang tanduk juga mempunyai kulit buah yang lumayan tebal dan tentunya sangat dominan sekali berwarna hijau sedikit kekuningan,dan ada pula pisang tanduk dengan warna kuning muda.

Pohon pisang tanduk ini merupakan jenis pisang yang dapat dipanen setelah berusia sekitar 1 atau 1,5 tahun.Dan,bahkan ada juga yang hanya membutuhkan waktu sekitar 9 bulan saja. Oleh karena itu kebutuhan pisang tanduk di pasaran sangat jarang sekali mengalami kelangkaan dikarenakan masa panennya yang cukup singkat dengan rata-rata produksi yang melimpah ruah. maka,dengan ini akan menjadikan petani akan jauh lebih menguntungkan khususnya bagi mereka yang banyak menanam buah pisang jenis tanduk ini.

Buah pisang tanduk ini juga memiliki beragam sekali khasiat yang mana sangat banyak dibutuhkan bagi tubuh serta terdapat juga sebuah kandungan vitamin dan asupan mineralnya yang mana hal ini mempunyai jumlah yang sangat melimpah dan tentunya sangat baik untuk kesehatan. Buah pisang tanduk juga dapat diolah menjadi berbagai produk makanan misalnya saja untuk makanan tradisional berupa gethuk pisang, kue puding pisang, olahan es krim, bahkan dijadikan gorengan.

Tentunya pisang ini selain menyehatkan tubuh juga dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Harga dari buah pisang juga tidak terlalu mahal jadi buah pisang merupakan buah yang bisa diandalkan untuk membentuk usaha. Pisang tanduk ini memang pisang yang berukuran besar bila dibandingkan jenis – jenis pisang yang lainnya. Banyak jajanan pisang goreng yang menyajikan pisang goreng tanduk ini dalam ukuran jumbo.

Bahkan pisang tanduk masuk ke dalam daftar buah yang paling diburu oleh masyarakat bersaing dengan buah jeruk dan stroberi. Hal ini membuktikan bahwa pisang tanduk ini juga merupakan buah yang memiliki nilai jual yang tinggi. Jadi untuk para petani buah disarankan agar membudidayakan pisang tanduk ini untuk memperoleh keuntungan yang melimpah. Harga per buah pisang tanduk ini bisa dihargai dari 3 ribu rupiah sampai dengan 4 ribu rupiah.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>