Aliansi Mahasiswa Mulai Tanam Pohon Ketapang Kencana di Wetland Park Cisurupan

Ratusan siswa melakukan penanaman pohon di kawasan Wetland Park Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Jumat (27/9/2019). Kegiatan penanaman pohon dilakukan bersama dengan Anggota Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 22.

Para siswa yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan ini, menanam tumbuhan Ketapang Kencana dan Tamanan Soka. Selain itu, mereka juga menanam tanaman palawija seperti  jagung dan kacang – kacangan.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan bahwa kegiatan tersebut, bagian dari edukasi kepada siswa-siswi untuk lebih memahami cara menanam pohon dan memelihara lingkungan.

Aliansi Mahasiswa Mulai Tanam Pohon Ketapang Kencana di Wetland Park Cisurupan

Kita berikan edukasi kepada mereka, bagaimana cara menanam, memberikan air kepada tanaman. Intinya sambil belajar mereka harus memahami, ungkapnya. Jual Pohon Ketapang Kencana

Menurutnya, dengan kegiatan tersebut, maka memberikan pendidikan untuk bahwa lingkungan harus dijaga. Mengingat menjaga lingkungan merupakan tugas semua warga Kota Bandung.

Kegiatan ini juga agar mereka paham bahwa lingkungan harus dijaga. Maka partisipasi mereka menjadi hal yang penting, katanya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung (DPKP3), Dadang Darmawan menerangkan bahwa para siswa menanam beberapa jenis tanaman hias, seperti Sebe, ada Soka Holland.

Kemudian juga beberapa biji palawija ada jagung, kacang-kacangan. Untuk arena ini (Wetland bagaian atas) khususkan tanaman hias. Sementara palawija di lokasi lain agar tidak tercampur, ujarnya.

Dikatakannya, para siswa menanam sekitar 1.500 tanaman. Sementara untuk biji-bijian itu satu kilogram seperti jagung.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan penanaman yang melibatkan ratusan siswa tersebut, merupakan bagian dari penghijauan kawasan Wetland Park Cisurupan. Sebelumnya telah di taman beberapa pohon besar.

Kali ini tanaman hias ya, sebelumnya kan sudah kita tanam beberapa pohon besar, ucapnya.

Salah seorang siswa , Hendrik Charger dan juga Robi Sedati (14) mengaku sangat senang bisa ikut andil pada kegiatan ini.

Menyenangkan, jadi bersama teman-teman jadi tahu caranya menanam. Mulai dari menggali tanah, menanam pohon, dan diberi air. Saya harap lokasi ini bisa asri ketika tamanan ini tumbuh besar, tambahnya.

Tanaman ketapang jadi bagian berarti untuk sebagian ecinta ikan hias, yang mana banyak meyakini kala menyimpan daun- daun ketapang kering di akuarium, spesialnya ikan cupang( Berta spp.), bisa membetulkan kesehatan serta memperpanjang usia ikan.

Kayu pada ketapang ini dominan memiliki corak merah bata pucat sampai kecoklat- cokelatan, memiliki berat yang lumayan ringan hingga lagi, berat tipe kayunya ini berkisar antara 0, 465–0, 675.

Terdapat sebagian metode yang wajib kita perhatikan buat menanam ketapang ini. Tidak hanya menciptakan biji ataupun bibit yang bagus terdapat perihal yang terutama yang butuh Kamu siapkan, ialah lahan yang lumayan luas buat menanam tumbuhan yang biasa dijadikan tumbuhan peneduh ini.

Kenapa demikian? Sebab tumbuhan ketapang biasanya dapat berkembang besar antara 35 m hingga 40 m serta mempunyai karakteristik mahkota yang tegak dengan terdapatnya tajuk yang berlapis dengan cabang yang berkembang tertib serta membentang menyamai wujud payung.

Identitas lain yang dapat ditemui pada ketapang ialah bagian daunnya. Corak daun ketapang merupakan hijau terang dengan permukaan daunnya yang agresif.  Jual Pohon Ketapang Kencana

Daun ketapang ini hendaknya harus sudah benar-benar tumbuh besar serta panjangnya antara 15 centimeter hingga 25 centimeter, dan untuk lebar antara 10 centimeter hingga 14 centimeter.

Wujud mempertahankan dari tumbuhan ketapang ini merupakan menggugurkan daunnya dikala masa panas. Dengan daun yang telah berganti corak jadi kemerahan ataupun kuning kecokelatan.

Lanjut pada bagian batang, tumbuhan ketapang umumnya mempunyai corak merah dengan tekstur yang sangat padat. Kelebihan lain dari batang ini merupakan dapat tahan air, sehingga di Polinesia kerap digunakan bagaikan perahu sampan.

Kayu pada tumbuhan ketapang ini lumayan keras serta pasti saja ulet, tetapi tidak begitu awet. Kayu ketapang ini di dalam dunia perdagangan diketahui bagaikan kayu tipe red- brown terminalia, serta sering digunakan bagaikan penutup lantai ataupun veneer.

Di negeri Indonesia sendiri, tumbuhan kayu dari tumbuhan ketapang ini sering sekali digunakan dalam pembuatan perahu serta pula buat pondasi atap rumah.

Bagian Biji pada tumbuhan ketapang pula bisa dimakan baik secara mentah ataupun pula bsia dimasak. Terdapat yang berkomentar bila rasanya ini jauh lebih lezat daripada biji tumbuhan kenari.

Mayoritas Orang hendak memakainya bagaikan pengganti biji amandel( almond) yang sangat masif buat pembuatan roti, kue, serta santapan ringan yang lain yang berbasis biji Almond. Inti biji pada ketapang ini lumayan kering serta tidak begitu basah, tetapi sehabis dijemur hendak menciptakan minyak bercorak kuning.

Minyak dari olahan ketapang ini sangat dominan memiliki asam- asam lemak semacam asam palmitat( 55, 5 persen), asam oleat( 23, 3 persen), asam linoleat, asam stearat serta asam miristat.

Biji ketapang yang masih kering ini pula tidak luput dari nutrisi yang lumayan berarti ialah memiliki protein( 25 persen), gula( 16 persen), dan bermacam berbagai asam amino.

Riset yang dilansir dengan judul eprints. ums. ac. id, sudah mengatakan bersumber pada sebagian data buah ketapang telah dimanfaatkan kulitnya bagaikan bahan utama pembuatan briket tidak hanya batu bara, sebaliknya bijinya pula sudah dimanfaatkan bagaikan sebagian produk di dalam suatu industri dengan skala yang cuku besar semacam pabrik tepung, selai, kecap, serta pasti saja bagaikan pemasok natural sumber minyak nabati, tetapi dalam perihal ini masih belum bekerja secara optimal paling utama di negeri Indonesia.

Kali ini kami akan sedikit mangulas bagaimana trik dan metode menanam tumbuhan ketapang dengan mudah dan efisien:

Bila Kamu mempunyai benih( biji) ketapang, Kamu dapat menanamnya dari biji. Kamu dapat memperoleh biji ketapang dari buah ketapang yang telah tua. Belah buahnya kemudian ambil bijinya.

Jemur di dasar terik cahaya matahari sepanjang 5 hingga 6 jam. Sehabis itu Kamu wajib memindahkannya ke tempat teduh di dalam rumah sepanjang 24 jam saat sebelum penanaman. Sehabis itu, Kamu dapat langsung menanam biji ketapang di dalam pot/ polibag.

Rawatlah semaian biji ketapang Kamu hingga mempunyai besar dekat 30 centimeter saat sebelum dipindahkan ke tanah. Konsumsi air serta cahaya matahari yang lumayan, sangat dibutuhkan dalam proses dini tumbuhnya biji ketapang ini.

Sehabis ketapang Kamu mempunyai besar 30 centimeter, Kamu wajib lekas sediakan lubang buat penanaman secara permanen. Lubang yang diperlukan dekat 40 centimeter x 40 centimeter.

Kedalamannya juga dekat 40 centimeter. Masukkan pupuk kandang ke dalam lubang sampai menutupi separuh bagiannya. Lubang tersebut hendaknya dibiarkan terbuka sepanjang 2 minggu saat sebelum dicoba pemindahan tumbuhan.

Sehabis 2 minggu, pindahkanlah semaian ketapang Kamu. Hendaknya Kamu menyobek polibag ketapang, daripada menarik batangnya yang masih rapuh.

Masukkanlah tumbuhan beserta tanah semaiannya ke dalam lubang yang sudah disediakan. Tutuplah sisa lubang dengan tanah. Tekan- tekanlah dengan lembut, kemudian siramlah tumbuhan ketapang Kamu.

Bila dalam waktu 6 bulan bibit dapat berkembang sempurna jalani pemindahan ke polybag yang lebih besar sehingga ketapang hendak terus berkembang besar.

Dikala Kamu melaksanakan perawatan jangan kurang ingat buat melaksanakan pemberian kompos organik supaya bisa memicu perkembangan serta pertumbuhan cabang dan daun ketapang.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>